Saya menyerah! Setelah akismet keok dan mencoba plugin TrollGuard saran Om Oom :D ternyata spam di blog ini makin menggila saja :(

Dalam satu hari bisa masuk ratusan spam, dan anehnya, kalau sebelum ini spam-spam itu masih masuk komen yang harus dimoderasi (di-approve), mulai beberapa hari kemarin mereka langsung approved! :noidea: Entah software apa yang dipakai si spammer untuk menembus WordPress ini..

Akhirnya saya putuskan untuk mencoba memakai plugin Captcha saja. Sebetulnya kurang sreg dengan ini, tapi tidak ada cara lain lagi, ini juga sesuai dengan anjuran beberapa teman blogger. Awalnya saya ragu apakah bisa berhasil menyetop spam-spam itu, karena mereka sepertinya menembak langsung ke database WordPress blog ini.

Nah, pada saat saya memasang captcha ini, si software spammer sedang beraksi, terlihat dari komen spam yang ter-approved yang bertambah terus detik demi detik. Begitu saya aktifkan captcha ini, spam nya tidak masuk lagi! Yes!! Berhasil!! :thumb5: :thumb6: Buat teman-teman yang komen di sini, sekarang ada captcha-nya ya.. :thumb1: Duh.. semoga deh gak ada software buat nye-pam yang bisa nge-bypass captcha.. semoga..

Category: WordPress | Tags: