Selama ini kalau membicarakan SEO untuk WordPress, kebanyakan orang akan merekomendasikan plugin All In One SEO Pack, atau Platinum SEO Pack. Kedua plugin itu memang sangat populer untuk urusan SEO-nya WordPress, dan mempunyai fungsi yang hampir sama. Tapi sekarang ada satu lagi plugin SEO untuk WordPress yang membuat saya langsung kepincut dan berpindah hati dari kedua plugin itu, yaitu WordPress SEO.

wordpress seo

Plugin WordPress SEO ini sudah tentu dapat melakukan hal-hal standar yang dilakukan oleh plugin SEO lainnya, seperti mengubah title, meta keywords, meta description untuk homepage dan masing-masing post / page. Kemudian mengijinkan search engine untuk mengindeks kategori, tag, dan arsip lainnya. Nah, yang saya pribadi suka dari plugin ini adalah:

  • Sudah ada built-in XML sitemap generator, sehingga Anda tidak perlu lagi plugin lain untuk membuat sitemap seperti plugin Google XML Sitemap yang terkenal itu. Anda juga dapat membuat post atau page tertentu untuk tidak muncul di sitemap Anda.
  • Google search result snippet preview. Lihat seperti apa post Anda akan muncul di Google.
  • Masih ingat posting saya beberapa waktu lalu tentang plugin Bloggerhigh SEO untuk memaksimalkan SEO on-page Anda? Fungsi itu sudah terintegrasi dalam plugin WordPress SEO ini :thumb3:
  • Built-in breadcrumbs untuk navigasi yang lebih mudah. Sudah tahu breadcrumbs kan? Kalau belum, silakan baca di sini. :mrgreen:
  • Tambahkan linkback ke website Anda (atau apa pun) di header atau footer RSS Feed Anda. Tidak perlu lagi plugin tambahan! :thumb5:

Itu hanya beberapa fitur yang saya paling suka dari sekian banyak fitur lainnya yang dimiliki oleh plugin WordPress SEO ini. Untuk melihat fitur lengkapnya, silakan kunjungi websitenya yang sudah saya kasih link-nya di atas, atau website pembuatnya di sini dan coba pluginnya, rasakan sensasinya.. :grin1:

Oh ya, bagi Anda pengguna All in One SEO Pack, jangan khawatir karena plugin ini telah menyediakan fitur untuk mengimpor setting dari AIO SEO Pack ke WordPress SEO. :thumbup:

Category: WordPress