Sudah pada tahu Google Plus kan? Oh ya, sebelumnya add saya di Google Plus ya.. :thumb1: Buat yang belum punya account di G+ boleh kontak saya nanti saya kirim invitationnya ke email Anda.

Nah, seperti layanan sosial networking lainnya, Google Plus juga menyediakan tombol untuk ditampilkan di website / blog kita, seperti Facebook Like Button gitu lah. Caranya sangat mudah, pertama-tama Anda harus menambahkan kode berikut ini di area <head> website / blog Anda:

<script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script>

Kemudian Anda tinggal menambahkan kode berikut ini di halaman (page) yang ingin Anda tampilkan Google Plus Button nya:

<g:plusone size="medium"></g:plusone>

Untuk parameter size bisa Anda pilih sendiri: Small, Standard, Medium dan Tall. Anda juga bisa memilih untuk tidak menampilkan jumlah “plus” yang sudah didapatkan untuk halaman tersebut dengan menambahkan parameter menjadi seperti ini:

<g:plusone size="medium" count="false"></g:plusone>

Untuk lebih lengkapnya bisa Anda lihat di sini.

Menampilkan Google Plus Button di Halaman Utama WordPress

Kalau berhubungan dengan WordPress, kode di atas kan hanya untuk menampilkan tombol Google Plus di satu halaman saja, bagaimana caranya menampilkan banyak tombol Google Plus di satu halaman yang masing-masing menunjuk ke alamat URL yang berbeda-beda, seperti di halaman utama (index) blog WordPress Anda?

Caranya adalah dengan menambahkan parameter href kepada setiap tombol, jadi misalnya seperti ini:

<g:plusone size="medium" href="http://www.jimmysun.net"></g:plusone>

Untuk halaman index blog WordPress Anda yang menampilkan beberapa posts, gunakan kode berikut ini di theme Anda (file index.php setelah kode <?php while (have_posts()) : the_post(); ?>):

<g:plusone size="medium" href="<?php the_permalink() ?>"></g:plusone>

Contohnya, bisa Anda lihat di halaman utama blog ini :grin2: Apakah ada plugin untuk melakukan semua ini? Ada, tapi seperti biasa saya lebih suka untuk pakai plugin sesedikit mungkin.

Category: WordPress | Tags: