Karena hardisk di komputer sudah sangat penuh sesak, beberapa hari yang lalu saya memutuskan untuk membeli sebuah External Hard Drive (hardisk eksternal). Lihat-lihat di toko komputer online, kaskus, lalu tanya teman yang punya toko komputer, akhirnya saya beli di teman saya saja karena dapat harga lebih murah walaupun sedikit :thumb5:

Hardisk eksternal yang saya pilih adalah Western Digital My Book Essential dengan kapasitas 1 TB. Kenapa beli yang Western Digital dan kenapa 1 TB? Karena kebetulan barang yang ada yang itu :D dan kalau yang 1,5 TB atau 2 TB masih kemahalan. Nah, review sedikit yuk!

Untuk urusan konektivitas, hardisk ini menggunakan USB 2.0. Bodynya terbilang kokoh, cukup berat dengan balutan warna hitam mengkilap yang elegan. Hardisk ini didesain sebagai hardisk eksternal untuk desktop, harus menggunakan adaptor, jadi bukan seperti hardisk eksternal tipis yang dapat dengan mudah dibawa kemana-mana dan bisa jalan hanya dengan menyambungkannya ke komputer via USB.

Jadi kalau tujuan Anda adalah punya hardisk yang mudah dibawa-bawa, lupakan hardisk ini. Sebetulnya bisa sih dibawa-bawa, tapi bakalan repot karena cukup besar, berat dan harus bawa adaptornya. Ini penampakannya yang diambil dari website western digital:

western digital my book essential

Sedangkan ini penampakan setelah dipasang di meja komputer saya yang berantakan abisss :lol:

western digital my book essential 1 TB

Di depannya terdapat lampu yang menunjukkan sisa space hardisk tersebut. Lampunya terbagi 4. Kalau Anda lihat foto di atas (hardisk punya saya) lampunya menyala terang hanya yang paling bawah, karena space yang saya pakai masih belum 1/4 nya. Semakin penuh hardisk, lampunya akan tambah menyala ke atas.

Penggunaannya sangat mudah. Pertama kali menyambungkannya dengan komputer via USB, dia akan menanyakan apakah kita mau menginstal software bawaannya. Setelah itu hardisk langsung muncul di My Computer dan bisa langsung digunakan.

Untuk software bawaannya, saya sih instal saja, karena saya pikir mungkin software bawaannya berguna. Tapi pada kenyataannya software bawaan itu kurang berguna buat saya (dan mungkin buat Anda) yang membeli hardisk eksternal karena butuh extra space, karena hardisk internal sudah kepenuhan, dan bukan karena ingin mem-backup.

Software yang bernama WD SmartWare ini punya fungsi backup yang bisa mem-backup isi hardisk internal atau folder pilihan Anda ke hardisk eksternal dan men-synchronize-nya setiap ada perubahan. Ini yang tidak saya butuhkan karena saya hanya butuh ruang ekstra untuk hasil download saya :grin2: Tapi di software ini ada tool yang cukup berguna, yaitu untuk mengecek kesehatan hardisk, mendeteksi error, dan mem-password hardisk Anda.

Kapasitasnya yang 1 TB bukan berati Anda mendapatkan 1000 GB. Space sesungguhnya yang Anda dapatkan adalah 930 GB. Lho, kemana yang 70 GB nya? Ini adalah hal yang wajar, dimana setiap kali membeli storage, entah itu hardisk internal, eksternal, flashdisk sekalipun, kita pasti mendapatkan kapasitas di bawah kapasitas yang tertera. Ini pastinya karena ada perbedaan perhitungan antara bit dan byte. Jangan tanya bagaimana cara menghitungnya ya.. saya juga pusing :laughloud:

Oh ya, satu yang ketinggalan, harganya! Waktu saya beli, harga hardisk ini adalah Rp 940 ribu. Thanks to bro bimaSakti85 di komen yang sudah ingetin :thumb3:

So, secara keseluruhan saya puas dengan Western Digital My Book Essential baru saya ini. Untuk sementara bisa memuaskan hasrat download yang sudah tidak bisa dipenuhi oleh hardisk internal lama saya :mrgreen:

Category: Computer | Tags: