Karena postingan sebelumnya, saya jadi punya ide untuk menulis posting ini. Masih berhubungan dengan posting sebelumnya tentang membuat Firefox makin cepat (bukan kecepatan browsingnya ya :shame: ), tips ini sudah saya pakai sejak lama dan membuat browsing dengan browser favorit Firefox makin nyaman.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Firefox suka lama mencari histori website yang pernah kita kunjungi ketika kita mengetikkan alamat website di address bar, maka saya mencari cara untuk sesedikit mungkin mengetikkan URL di address bar. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Bookmarks. Tapi repot juga kalau setiap kali mau ke website favorit harus klik menu Bookmarks dulu. Maka saya gunakan Bookmarks Toolbar. Ini screenshot Bookmarks Toolbar di Firefox saya:

firefox bookmarks toolbar

Maaf ya ada yang ditutupi.. rahasia! :tongue2: Nah, seperti Anda lihat, setiap saya mau buka email Gmail, Facebook, Yahoo Mail, KlikBCA dan lain-lain yang sangat sering saya buka, saya tinggal klik ikon-ikon website yang bersangkutan. Anda juga bisa membuat folder di Bookmarks Toolbar ini. Misalnya seperti di screenshot di atas, saya punya folder “Blogs”. Kalau folder ini di klik, akan muncul seperti ini:

firefox bookmarks toolbar folder

Jadi kalau saya mau posting di blog ini, saya tinggal klik folder “Blogs”, arahkan mouse ke subfolder JimmySun dan klik New Post. Dengan folder di Bookmarks Toolbar ini Anda bisa mengelompokkan website-website yang sejenis. Sangat efisian kan? :mrgreen: Tidak perlu lagi mengetikkan URL di address bar! :thumb2:

Sekarang cara membuatnya:

  • Pastikan Bookmarks Toolbar Anda sudah aktif. Kalau belum, klik View – Toolbars – Bookmarks Toolbar.
  • Setelah Bookmarks Toolbar muncul, klik kanan di atas Bookmarks Toolbar itu, di bagian yang kosong, lalu klik New Bookmark.
  • Isi Location dengan alamat website yang ingin Anda buat shortcut-nya.
    firefox new bookmark
  • Untuk Name boleh langsung Anda kosongkan. Tapi kalau saya biasa diberi nama dulu, misal “Yahoo Mail”, karena begitu Anda klik “Add”, tombol Bookmark yang muncul di Bookmarks Toolbar itu biasanya masih belum ada ikon-nya. Nanti setelah ikon-nya muncul, baru saya edit tombol itu dan saya hapus bagian “Name” nya sehingga yang tampak hanya ikon-nya saja.
  • Untuk mengedit tombol Bookmark, klik kanan di atas tombol yang akan diedit, lalu klik “Properties”.
  • Ikon-ikon website di masing-masing tombol Bookmark akan muncul dengan sendirinya sesuai dengan favicon website yang bersangkutan. Jadi kalau website yang Anda tambahkan tidak punya favicon, maka tombol Bookmark Anda hanya akan memiliki ikon bookmark standar.
  • Yang biasa saya lakukan setelah tombol bookmark jadi, saya akan langsung membuka website yang bersangkutan dengan mengklik tombol bookmark yang baru saya buat tadi, tidak lama kemudian ikon-nya (sesuai favicon) akan otomatis muncul. Setelah itu langsung saya edit tombolnya dan saya hapus “Name” nya.
  • Untuk membuat folder, klik kanan di atas Bookmarks Toolbar itu, di bagian yang kosong, lalu klik New Folder.
  • Untuk membuat bookmark di dalam folder, pertama buat tombol bookmark dulu seperti biasa (di luar folder), lalu setelah jadi, drag tombol bookmark tersebut ke dalam folder yang Anda inginkan.

Kalau tidak salah, ada juga addon yang bisa membuat toolbar dengan ikon-ikon seperti ini. Tapi karena semakin banyak addon semakin memberatkan Firefox, lebih baik menggunakan fitur internal Firefox saja, kan? Gunakan addon yang benar-benar bermanfaat saja. Nah, dengan kombinasi Bookmarks Toolbar dan addon SiteLauncher, browsing dengan Firefox pun akan semakin efisien dan nyaman. Selamat mencoba!

Category: Internet | Tags: