Beberapa hari yang lalu, saya bertemu dengan seorang bapak yang sedang kurang beruntung. Rumahnya kemalingan, dan laptop anaknya dicuri. Problem terbesar untuk si bapak dan anak bukan karena kehilangan laptopnya, tapi karena data yang ada di dalam laptop tersebut. Anaknya kuliah di luar negeri, dan sedang pulang liburan tahun baru. Semua tugas kuliahnya (mungkin skripsi / thesis) ada di sana dan hilang semua. Kebayang kan repotnya, harus mulai lagi dari awal. Si bapak sampai bilang, “Kalau bisa ketemu pencurinya, saya akan beli lagi datanya dari pencurinya seharga laptop itu.”

Di sini saya pikir pentingnya cloud computing. Simpan data Anda di awan (cloud), dan data Anda aman bisa diakses dari mana saja. Komputer rusak / hilang? Tidak masalah, karena data tinggal ditarik lagi dari awan.

Anda sudah mengenal kan yang namanya Dropbox, Box.com, Copy.com, Skydrive, Google Drive, Evernote? Dan mungkin masih banyak lagi. Mereka adalah layanan cloud computing gratis (berbayar kalau Anda butuh fasilitas lebih) yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan file-file data penting atau bahkan yang tidak penting sekalipun :grin1: . Enaknya lagi, misalnya Anda edit file di komputer kantor, sampai di rumah Anda buka lagi, hasil editan di kantor sudah terpampang di depan Anda. Tidak perlu lagi yang namanya copy-copyan. :thumb1: Anda juga bisa share dokumen tersebut dengan siapa saja yang Anda inginkan.

Cloud Computing
Source: hightech-highway.com

Salah satu fasilitas yang sangat berguna untuk saya selain edit mengedit dokumen adalah integrasi phonebook untuk handphone. Di Android, iPhone, BlackBerry, Anda tinggal memasukkan account Google, lalu sync contact, dan semua data kontak akan masuk ke handphone Anda. Ganti handphone sekarang bukan masalah lagi, tidak perlu lagi repot memasukkan kontak satu per satu :thumb5:

Cloud computing belakangan naik daun karena sangat bermanfaat. Yuk kita ikut manfaatkan :thumb2:

Category: Internet | Tags: