drupal logoBelakangan ini aktifitas ngeblog sedikit terganggu gara-gara saya punya “mainan” baru, namanya Drupal :D Si Drupal ini mengasyikkan juga, sampai-sampai saya cukup banyak menghabiskan waktu membangun sebuah website dengannya :love2: Drupal adalah script CMS (Content Management System) berbasis php, yang bisa dipakai untuk membuat website untuk berbagai tujuan, dan bisa juga dipakai untuk ngeblog.

Walaupun bisa dipakai untuk ngeblog, Drupal lebih banyak dimanfaatkan untuk membuat website dengan pengelompokkan konten yang lebih rumit, dan juga banyak dipakai untuk membuat website e-commerce. Awalnya saya bingung apa perbedaan Drupal dengan WordPress dari segi konten, toh di WordPress juga kita bisa mengelompokkan konten berdasarkan kategori dan tag. Tapi semakin ngulik ternyata semakin ketahuan kekuatan si Drupal ini, di antaranya:

  • Untuk website dengan multi-user, pengaturan permission untuk user sangat lengkap. Setiap user dapat dikelompokkan ke dalam grup-grup yang bisa kita buat sendiri, dan setiap grup bisa di-set hak-hak nya. Setiap user juga bisa memiliki blog masing-masing (seperti WordPress MU atau fitur Multisite di WordPress 3.0).
  • Di Drupal ada 2 tipe konten standar, yaitu Page dan Story. Page di Drupal sama dengan Page di WordPress, sedangkan Story di Drupal sama seperti Post di WordPress. Nah, di Drupal Anda bisa membuat tipe konten Anda sendiri. Misalnya Anda buat tipe konten X dimana di konten ini hanya user yang sudah daftar bisa berkomentar, sedangkan pengunjung biasa tidak boleh berkomentar. Sementara di tipe konten Story siapa pun boleh berkomentar.
  • Forum yang sudah langsung terintegrasi (built-in).
  • Cache built-in untuk mempercepat loading web.
  • Module Book yang bisa digunakan untuk membuat konten yang dibagi-bagi seperti bab-bab dalam sebuah buku.
  • Module yang lengkap. Module itu seperti Plugins di WordPress.
  • Dan tentu saja open source, gratis, serta dukungan pengguna yang luas :thumb2:

Drupal vs WordPress

Kalau Anda menanyakan WordPress vs Drupal mana yang lebih baik, atau lebih baik pilih yang mana, buat saya agak sulit menjawabnya. Drupal merupakan sistem yang cukup kompleks. Kalau Anda mengutamakan kemudahan, WordPress adalah jawabannya karena WordPress sangat user friendly dan mudah digunakan, sedangkan Drupal butuh pembelajaran yang lebih lama dan mendalam.

Kalau Anda mau membuat website multi-user dimana Anda bisa lebih leluasa mengatur hak-hak user, Drupal adalah jawabannya. Kalau Anda hanya mau ngeblog, pilihlah WordPress, gak pake ribet :tongue3:

Kalau Anda masih belum yakin mau pakai yang mana, ya silakan coba dulu saja, dan saran saya kalau mencoba Drupal jangan sebentar dan cepat putus asa :talktohand: Semakin Anda mendalami Drupal semakin Anda akan jatuh hati padanya :love2:

Terakhir, kalau Anda tanya saya apakah blog saya yang sekarang pakai WordPress akan diganti pakai Drupal, jawabannya adalah tidak. Buat saya ngeblog pakai WordPress saja, simpel dan cepat. :thumb5: Tapi untuk website yang lebih dari sekedar ngeblog, saya akan pakai Drupal.

Category: Internet | Tags: