Sudah sekitar 2 bulanan ini saya pakai Android, ternyata mudah dan menyenangkan :D Aplikasi-aplikasinya bejibun (termasuk game :) ), banyak sekali pilihan yang bisa didownload dan diinstall di device Android :thumb1: Nah, saya menemukan 3 cara menginstall aplikasi Android. Ketiga cara ini sangat mudah, saya urutkan dari yang sedikit lebih repot sampai yang paling nyaman:

1. Download dan Install File .apk
Kalau Anda mendapatkan aplikasi-aplikasi Android dalam bentuk file .apk, Anda tinggal masukkan file .apk itu ke dalam device Android Anda, lalu browse file itu dari device, dan pilih install. Untuk install file .apk ini biasanya menggunakan software tambahan karena tidak ada fitur built in di dalam Android. Saya biasa menggunakan Astro File Manager untuk menginstallnya.

File-file .apk ini banyak ditemui di website-website / forum yang saling berbagi aplikasi.

2. Install Langsung dari Android Marketplace melalui Device Android Anda
Dari dalam device Android Anda, cari lalu klik Marketplace, maka Marketplace akan terbuka, dan dari situ Anda bisa langsung browse atau mencari aplikasi yang Anda inginkan, lalu tinggal klik Install. Tentu jangan lupa device Anda harus terkoneksi ke internet terlebih dulu ya..

3. Install Langsung dari Android Marketplace melalui Komputer
Malas melihat-lihat atau mencari aplikasi dari device dengan layar yang terlalu kecil? Biar bagaimanapun juga, browsing selalu lebih enak di komputer :) Karena itu cara ketiga inilah yang paling mudah dan nyaman. Silakan masuk ke Android Marketplace melalui browser di komputer dan login dengan account gmail Anda yang sama dengan account gmail di device Android Anda. Lalu setelah menemukan aplikasi yang Anda inginkan, akan ditampilkan informasi apakah aplikasi tersebut kompatibel dengan device Anda atau tidak. Bila kompatibel, Anda tinggal klik install, konfirmasi lagi dengan klik install, dan aplikasi itu akan segera didownload ke device Anda secara otomatis, tanpa Anda harus melakukan apa pun lagi di device Anda!

install android application

Temukan aplikasi, cek kompatibilitas, klik Install!

install android application

Klik Install, dan aplikasi otomatis langsung didownload ke device Anda.

Tentunya pastikan device Anda sudah terhubung ke internet. Tapi kalaupun device Anda tidak sedang terhubung ke internet, nantinya begitu terhubung, aplikasi akan otomatis didownload dan diinstall. Canggih sekali ya? :D Mungkin saya yang gaptek, tapi saya cukup terkejut ketika mengetahui cara yang ke-3 ini.

Nah, itu dia 3 cara install aplikasi Android yang saya tahu. Cara favorit saya sudah jelas cara nomor 3 :thumb3: Mungkin ada cara lain, Anda bisa tambahkan?

Category: Techonology | Tags: