Memakai ponsel / tablet berbasis android memang menyenangkan dengan segudang fiturnya. Tapi ada satu fitur di android yang saya tidak suka, yaitu fitur wallpaper-nya. Entah kenapa di android wallpaper-nya tidak bisa menampilkan gambar secara keseluruhan, tapi gambar wallpaper itu ikut bergeser (scroll) ketika kita swipe.

Jadi kalau saya menggunakan gambar anak saya sebagai wallpaper, mungkin di home screen yang terlihat hanya tangannya saja. Dan ketika saya swipe ke kanan, baru terlihat wajahnya. Huh, menyebalkan sekali! Kenapa tidak dibuat opsi untuk menampilkan keseluruhan gambar dan wallpaper-nya diam ketika dilakukan swipe?

Tapi untunglah ada aplikasi yang bisa menangani hal ini :D Setelah “ngobrol” dengan om Google, ketemu aplikasi yang namanya Wallpaper Wizardrii. Dengan aplikasi ini, wallpaper bisa dibuat diam, dan menampilkan keseluruhan gambar yang kita inginkan! Yess!! Selai itu, bisa juga melakukan crop secara landscape atau portrait.


android wallpaper no scrolling
Crop landscape atau portrait.

wallpaper wizardrii
Check opsi “no scroll” untuk membuat wallpaper Anda diam.

android wallpaper stay still
Ini dia hasilnya. Ketika saya swipe kiri atau kanan, wallpaper yang ditampilkan tidak berubah, tidak ikut “scrolling”. Cantik sekali, bukan? :D

Anda bisa download aplikasinya di sini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.twistedapps.wallpaperwizardrii. Ini adalah versi gratisnya. Ada juga versi pro yang berbayar, tapi buat saya yang gratisan ini juga sudah cukup. :thumb6:

Category: Android | Tags: