Beberapa bulan yang lalu, ada anggota keluarga baru di keluarga kami yang cukup memeriahkan suasana. Bukan, si Nicole bukannya punya adik :tongue2: tapi kami kedatangan sebuah Nintendo Wii. Walaupun sebetulnya sangat telat karena Nintendo Wii sudah keluar bertahun-tahun yang lalu, tapi menurut saya waktunya tepat karena anak saya yang sudah menginjak usia 5 tahun sudah bisa ikut main video game ini. Game favoritnya, yang merupakan game favorit saya juga, adalah Mario Kart :grin1: Jadilah kami berdua suka main bareng :D

Kembali ke topik sesuai judul postingan ini, saya hampir tidak pernah menggunakan DVD game untuk main Wii ini, karena saya mainnya menggunakan hard disk. Dengan memakai hard disk untuk main Nintendo Wii, optik drive Wii saya praktis hampir tidak pernah dipakai sehingga awet. Selain itu, loading game-nya juga lebih cepat bila dibandingkan dengan loading game dari DVD. Satu lagi keuntungannya, untuk gonta-ganti game tidak perlu gonta-ganti DVD, tinggal point and click saja :thumb1:

Saat ini saya memakai hard disk eksternal murah Axioo 320 GB, dan sudah saya isi kurang lebih 53 game dengan sisa kapasitas hard disk-nya masih sangat banyak! Game sebanyak itu entah kapan habis saya mainkan, belum lagi bertambah terus :daydream: Kalau dihitung kasar, dengan hard disk 320 GB, dan isi 1 DVD adalah 4,7 GB, maka hanya dapat masuk kurang lebih 68 game. Tapi ternyata jumlah game yang masuk bisa jauh lebih banyak karena ternyata game Nintendo Wii kebanyakan kurang dari 4,7 GB. Ada game yang hanya beberapa ratus megabyte saja, bahkan ada mini game yang hanya beberapa puluh megabyte.

Nintendo memang membuat setiap game-nya masuk ke dalam 1 DVD. Jadi walaupun game-nya hanya berukuran 1 GB, sisanya yang 3,7 GB diisi juga oleh data kosong sehingga full 4,7 GB. Dengan menggunakan software untuk Wii (saya memakai Wii Backup Manager), kita dapat me-rip game Wii dan menyimpannya di hard disk dalam ukuran game yang sebenarnya dengan format .wbfs :thumb2: Game dalam format wbfs ini yang kemudian dimainkan di Wii menggunakan software loader.

Nah, tolong jangan tanya saya bagaimana caranya supaya Nintendo Wii bisa digunakan untuk memainkan game dari hard disk ya.. karena saya tidak tahu caranya :tongue3: Saya cuma tahu cara memasukkan game-nya ke dalam hard disk lalu memainkannya saja :grin3: Kalau Anda punya Nintendo Wii dan ingin bisa memainkannya memakai hard disk, maka Wii Anda harus dimodifikasi. Wii yang saya beli memang sudah dimodifikasi oleh penjualnya.

Sebenarnya setahu saya sekarang ini semua konsol game sudah dapat dimainkan menggunakan hard disk. Tidak hanya Nintendo Wii, tapi XBox, PlayStation 2, PlayStation 3 juga sudah dapat dimainkan memakain hard disk. Tapi buat saya Nintendo Wii tetap jadi pilihan utama, karena game-game-nya yang fun dan gameplay-nya yang asik, berbeda dengan konsol-konsol lain yang game-game-nya lebih serius :thumb1:

Category: Games