Penipuan lagi.. penipuan lagi.. Jaman lagi begini koq makin banyak orang yang cari duit pakai jalan pintas ya, pakai cara penipuan :( Kali ini ada penipuan model baru, yaitu berkedok distributor pulsa.

Ceritanya, minggu lalu seorang teman saya menerima sebuah sms yang isinya sangat menarik buat saya, seperti ini:

MASTER CELL Cari Agen / All Oprator “Transaksi CEPAT” 24 jam Harga murah: S/A5=4500, 10=8500 Ketik DAFTAR Kirim: 087841928899 saatx gunakan HP anda B”bisnis pulsa.

Teman saya itu yang tahu kalau saya jualan pulsa, memforward sms tersebut ke saya. Tertarik dengan harga yang begitu murahnya, saya pun tanpa pikir panjang ambil handphone dan kirim sms DAFTAR itu ke nomor tersebut. Selang beberapa detik muncul sms balasan dari nomor yang sama yang isinya mengatakan selamat bahwa nomor handphone saya sudah terdaftar. Kemudian ada instruksi cara cek harga, cara transaksi dan cara deposit.

Saya cek harga-harga pulsanya, gila!! Harganya pulsanya benar-benar murah! Rata-rata lebih murah Rp 2.000,- sampai Rp 1.500,- dari harga normal. Saya pikir kalau saya jualan pulsa dengan modal segini dan dijual dengan harga normal, bisa cepat kaya saya :daydream: Wah, pengen cepat-cepat deposit dan jualan nih :grin1:

Tapi untung saya tetap waspada. Segala sesuatu yang too good too be true, seperti ebook dan produk internet marketing “sampah”, patut diselidiki dulu kebenarannya. Di sms balasan sebelumnya tertera nomor telepon untuk kontak yang dapat dihubungi. Saya kirim sms ke nomor tersebut menanyakan alamat website Master Cell, karena rata-rata distributor pulsa sekarang punya website. Sms tersebut tidak dibalas-balas, berbeda dengan ketika saya daftar dan meminta informasi harga pulsa.

Tidak mau ambil resiko, saya panggil mbah Google dan melakukan pencarian dengan kata kunci “master cell”. Ternyata benar, ini adalah penipuan! Tidak hanya memakai nama master cell, si penipu juga memakai nama central cell. Jadi modusnya seperti ini:

  • Setelah seseorang mendaftar lalu melakukan transfer untuk deposit, misal Rp 500 ribu, kemudian dia akan menerima sms yang isinya adalah bahwa deposit telah dilakukan sebesar Rp 5 juta.
  • Lalu datang lagi sms yang meminta maaf bahwa ada kesalahan deposit, bahwa deposit yang dilakukan kelebihan Rp 4,5 juta dan meminta dia untuk mentransfer kelebihannya tersebut, setengahnya dulu pun boleh.
  • Account si korban dibekukan sehingga tidak bisa transaksi (lha sebenernya memang tidak pernah dibuatkan account, toh?).
  • Kalau si korban mentransfer lagi Rp 4,5 juta atau berapapun, maka dia rugi 2 kali karena sebelumnya dia sudah mentransfer Rp 500 ribu dulu.

Fiuhh!! Untung saya tidak terjebak. Sekarang ini penipu makin banyak akalnya ya! Kita harus ekstra hati-hati dalam segala hal. Oh ya, website yang saya temukan di Google tentang penipuan ini bisa Anda lihat di sini.

Category: Personal | Tags: