Tiga hari belakangan ini, di rumah saya berkeliaran beberapa ekor tikus. Dan ada 1 “master” nya :D yang genduuutt sekali! Yang lainnya ukurannya sedang-sedang saja. Tampaknya tikus-tikus ini masuk dari luar ke dalam rumah.

Biasanya tikus takut dengan manusia kan? Tapi tikus-tikus ini tidak. Mereka dengan seenaknya berlarian walaupun ada orang di depannya. Jadinya kita yang takut sama tikus :oops: Saya benci sekali tikus. Mereka naik-naik ke meja, meninggalkan jejak-jejak kaki yang menjijikkan.

Tidak tahan lagi dengan keberadaan tikus-tikus yang mengganggu kehidupan ini, saya lalu beli lem tikus cap gajah di supermarket. Lem tikus ini sudah siap pakai, tinggal dibuka, diberi umpan di atasnya, disimpan, dan menunggu tikus kena lem sehingga tidak bisa kabur lagi. Istri saya pasang 2 lem tikus itu di 2 lokasi yang sering dilewati mereka. Hahaha.. hati ini senang membayangkan para tikus itu terjebak di atas lem. Hmm… jahat juga ya saya? :blush:

Tidak lama setelah lem tikus dipasang, istri saya datang dan bilang bahwa di salah satu lem yang dipasang, tikusnya tidak kena tapi umpannya hilang! Wah, saya pikir, apakah tikus sekarang sudah pintar sehingga dia bisa tahu bahwa itu adalah perangkap buat dia? Kami coba sekali lagi pasang umpan berupa daging ayam. Esok paginya, ternyata umpan itu hilang lagi! Ah.. masa sih tikus bisa tahu bahwa itu perangkap? Rasanya gak mungkin ya? Saya perhatikan, ternyata di atas lem tikus itu terdapat tapak-tapak kaki tikus! Ini artinya si tikus sudah menginjak lem, makan ayam, dan keluar lagi. Ternyata lemnya kurang kuat!

Saya lihat di lem yang satu lagi, aha! Di sini tikusnya kena dan tidak bisa kabur :thumb2: Tapi ini tikus yang lebih kecil. Jadi, rupanya si “master” tikus yang berhasil mengambil umpan dengan selamat tanpa terjebak lem. Mungkin karena dia besar sekali dan tenaganya kuat sehingga dapat dengan mudah berjalan-jalan di atas lem tikus ya? Padahal gambar di lem tikusnya, gajah saja tidak bisa lepas :laughloud:

Dulu saya juga pernah coba pakai racun tikus, yang katanya setelah tikusnya makan racun itu, dia akan mengalami gangguan penglihatan, lalu akan mencari tempat terang dan mati, sehingga bangkainya akan mudah ditemukan. Tapi walaupun wadah racunnya sudah berantakan, yang artinya si tikus sudah makan racunnya, tapi tidak mati juga. Atau jangan-jangan mereka matinya di luar rumah ya?

Teman-teman punya pengalaman atau saran supaya rumah bebas dari tikus? :D

Category: OpiniPersonal | Tags: