Kebanyakan marketer-marketer sukses (tidak hanya internet marketer) seperti yang saya baca di banyak buku, selalu membuat jadwal untuk kegiatan mereka. Saya pikir ini penting juga lho buat kita-kita (blogger) yang juga berprofesi sebagai internet marketer.

Seringkah anda, ketika sedang mengurus blog, tiba-tiba:

  • terbersit ide untuk blog yang lain, lalu meninggalkan blog yang sedang dikerjakan dan mengurus blog yang lain?
  • YM atau instant messenger apa pun berkedip-kedip tanda ada yang ngajak chat?
  • ingat harus mengecek forum apakah postingan pertanyaan kita ada yang membalas, lalu akhirnya tenggelam ber-forum ria?

Saya sering seperti itu :blush: Kerja serabutan. Akibatnya, pekerjaan yang seharusnya selesai menjadi terbengkalai. Karena itu, saya pikir sangat penting bagi kita untuk membuat jadwal pekerjaan kita, dalam konteks ini saya berbicara pekerjaan sebagai internet marketer.

Buatlah jadwal setiap hari untuk mengurus blog, beraktifitas di forum, chatting, blogwalking, facebook-an, mengurus affiliate, apa pun! Buat jadwal untuk 1 minggu, dan kalau bisa setiap minggu jadwalnya selalu sama, sehingga kita terbiasa, terlatih, dan fokus pada apa yang harus kita kerjakan. Akan lebih baik juga kalau pakai agenda / organizer.

Dan yang paling penting, taati jadwal yang sudah anda buat sendiri. Pada saat anda blogwalking, matikan YM atau instant messenger anda. Kalau ada ide tiba-tiba muncul di kepala, catatlah untuk dilakukan nanti pada saat yang telah dijadwalkan!

Jadwal memang mudah untuk dibuat, dan sangat sulit untuk dilakukan. Saya juga seringkali masih melenceng dari jadwal yang saya buat sendiri. Tapi kalau kita berusaha untuk melakukannya setiap hari, saya yakin perlahan-lahan akhirnya kita akan terbiasa dan melakukan pekerjaan sesuai dengan jadwal.

So, sudahkan anda membuat jadwal? :thumb5:

Category: Opini | Tags: