Ketika blogwalking, saya sering menemukan blogger yang mengungkapkan kebuntuan ide dalam blogging. Tidak tahu apa yang harus ditulis. Anda pernah mengalaminya, atau bahkan sering? :D Saya juga pernah mengalaminya.

Tapi saya yakin, sebenarnya ide blogging itu tidak terbatas. Yang membatasinya hanyalah pikiran kita saja. Kalau Anda berpikir bahwa sedang tidak punya ide, maka ide itu tidak akan / sulit datang. Tapi kalau Anda berkeyakinan bahwa ide blogging itu tidak pernah habis, maka kepala Anda akan penuh dengan ide-ide blogging.

Kepada para blogger yang sedang tidak punya ide, biasanya saya menyarankan di kolom komentar untuk mencari ide berdasarkan pengalaman sehari-hari. Setiap hari kita pasti melakukan sesuatu, dan salah satunya pasti bisa dijadikan bahan untuk menulis di blog. Misalnya:

  • Seharian nonton tv di rumah atau pergi nonton film ke bioskop, bisa menulis tentang film yang ditonton.
  • Seharian online di rumah, bisa menulis tentang website baru yang dikunjungi.
  • Di kantor ada kejadian atau pembicaraan dengan teman kantor yang menarik, bisa ditulis di blog.
  • Di jalan Anda melihat papan reklame dengan slogan yang tidak biasa, bisa Anda bahas.
  • Jalan-jalan ke mall dan ketemu artis sinetron, bisa Anda tulis seperti apa artis itu di luar layar kaca.
  • Teman Anda beli handphone baru, dan Anda coba-coba, bisa Anda tulis review handphone itu.
  • dan lain-lain yang tidak terbatas!

Beberapa contoh postingan saya berdasarakan pengalaman sehari-hari bisa dilihat di sini.

Tentu, ide-ide dari kehidupan sehari-hari itu agak sulit diterapkan pada blog dengan niche khusus, seperti blog tentang kesehatan atau blog SEO. Tapi untuk blog-blog personal, umum atau gado-gado seperti blog ini, ide-ide itu bisa diterapkan.

Saran lagi, bawa catatan ke mana pun Anda pergi. Ide bisa datang kapan saja di mana saja. Kalau tidak dicatat kita sering lupa. Saya dulu sering berpikir keras untuk menemukan ide yang hilang, sempat kepikiran sebuah ide untuk diposting, tapi kemudian lupa. Karena itu sekarang saya selalu mencatat begitu menemukan ide. Kalau repot bawa catatan, bisa dicatat di handphone.

So, ide buat ngeblog itu tidak terbatas, ayo makin rajin blogging! :thumb5:

Category: Opini | Tags: