Bagi Anda yang punya toko online atau suka jualan online dengan media lain seperti forum dll, pernahkah Anda ketemu dengan pembeli yang “rewel”? Rewel di sini saya beri tanda kutip karena sifatnya abu-abu, mungkin sebenarnya orangnya tidak rewel tapi keadaan yang membuat dia jadi seperti itu, atau mungkin memang orangnya rewel :mrgreen:

Contohnya:

  • Dalam 3 menit, mengirim SMS sampai 5 kali dengan pertanyaan yang sama. Mungkin dia mengirim SMS terus-terusan karena belum dibalas.
  • Menanyakan terus kenapa barang masih belum sampai, padahal sudah dijelaskan bahwa pengiriman barang tergantung dari jasa kurir yang dipakai, dan juga sudah diinformasikan mengenai rentang waktu pengiriman, misalnya antara 2 – 3 hari.
  • Sudah diberitahu bahwa barang belum dikirim, dan akan dikirim besok, tapi SMS terus menanyakan nomor resi pengiriman :(
  • Menanyakan hal yang sama berkali-kali.
  • dan lain-lain.. ada yang mau menambahkan? :D

Nah, ada beberapa hal yang mungkin membuat para pembeli online itu berperilaku seperti itu:

  1. Baru pertama kali belanja online
    Pembeli yang baru pertama kali beli barang secara online, dan langsung ke penjual perorangan (dalam hal ini kita – bukan ke perusahaan besar yang sudah punya nama besar dan dipercaya), tentu belum punya pengalaman yang cukup dalam bertransaksi secara online.
  2. Takut ditipu
    Tidak dapat dipungkiri memang masih banyak penjual online yang merupakan penipu. Hal ini tentu membuat pembeli waswas dengan transaksinya karena dia sudah bayar duluan ke penjual. Karena itu dia jadi agak “parno” takut ditipu.
  3. Barang yang dibeli bersifat mendesak
    Mungkin saja barang yang dibelinya adalah hadiah untuk pacarnya, jadi barang itu harus sudah sampai sebelum tanggal tertentu. Atau memang dia sangat membutuhkan barang yang dibelinya untuk segera digunakan.
  4. Takut barang yang dibeli tidak sesuai harapan
    Pembeli khawatir barang yang dibelinya tidak sesuai dengan yang diinginkannya sehingga dia ingin barangnya segera sampai di tangannya.
  5. Orangnya memang dari sononya rewel :grin1:
  6. dll.. silakan menambahkan :thumb1:

Sebagai penjual, hal-hal seperti di atas harus disikapi dengan sabar dan bijak. Ingat bahwa pelayanan ke konsumen merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk mendapatkan bisnis yang berkelanjutan. Jangan sampai kita sebagai penjual malah emosi menghadapi pembeli seperti itu. Walau hati panas, kepala harus tetap dingin. Jawab saja berbagai macam pertanyaan tersebut seperti biasa, seolah-olah Anda sudah biasa (dan memang sudah biasa, kalau belum terbiasa, maka akan jadi terbiasa).

Posisikan diri Anda sebagai pembeli. Kalau Anda mengalami masalah seperti apa yang mereka alami, misalnya kurir salah alamat ketika mengirimkan barang, Anda pun pasti kecewa karena harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan barang yang dibeli. Tapi kalau tidak ada masalah apapun dan pembeli tetap rewel, ya harap maklum saja, inilah resiko jualan, inilah resiko jadi penjual.

Selamat berjualan! Happy selling! :thumb5:

Category: Online Money | Tags: