logo prestashopSudah punya toko online sendiri, atau berencana buka toko online? Sudah punya script toko online-nya belum? :D Nah, kalau Anda sudah bikin sendiri script toko online-nya pakai jasa web designer dan web programmer, mungkin Anda sudah tidak perlu pusing lagi mikirin script. Tapi kalau Anda mau pakai script gratisan, PrestaShop bisa dijadikan pilihan yang bagus lho :thumb1:

Saya sendiri sudah membandingkan 4 script toko online gratisan: osCommerce, ZenCart, WordPress (menggunakan plugin), dan terakhir yang saya coba adalah PrestaShop. Begitu saya mencoba PrestaShop, saya langsung jatuh hati padanya :love: Tampilannya keren dan sudah menggunakan AJAX.

OK, tampilan keren tapi kalau jeroannya gak keren kan percuma juga :neutral: Saya coba utak-atik, ternyata jeroannya mumpuni dan canggih juga lho :thumb4: Walaupun parameter settingannya tidak sebanyak osCommerce / ZenCart, tapi PrestaShop sudah punya semua fitur yang dibutuhkan oleh sebuah toko online. Ya, masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Beberapa fitur PrestaShop:

  • Mendukung penggunaan voucher diskon. Voucher ini dapat Anda berikan kepada user tertentu atau kepada semua user.
  • Mendukung diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu (bisa persentase diskon atau nominal diskon).
  • Mendukung kombinasi produk. Misalnya produk satu iPod ada yang berwarna merah, hitam, putih dll. Kemudian kapasitasnya ada yang 8GB, 16GB 32GB dll.
  • Bisa digunakan dengan PayPal.
  • Penggunaan beberapa mata uang.
  • Hampir semua script toko online masa kini sudah mendukung produk-produk digital. Begitu juga dengan PrestaShop. Jadi Anda juga bisa jualan software atau eBook.
  • PrestaShop punya forum resmi dalam berbagai bahasa, salah satunya adalah bahasa Indonesia!
  • Untuk fitur lengkapnya silakan klik di sini.

Menggunakan script-script toko online seperti yang saya sebutkan di atas tidaklah semudah menggunakan script blogging seperti WordPress. WordPress teramat sangat mudah sekali dipelajari, sedangkan script-script toko online kadang bikin pusing dan perlu waktu lebih lama untuk dipelajari. Buat saya, PrestaShop lebih mudah dipelajari dibandingkan osCommerce dan ZenCart.

Yuk bikin toko online sendiri! :thumb5:

Category: Online Money | Tags: