Ketika Anda menulis artikel yang ditujukan untuk keperluan komersil / marketing, maka Anda harus sangat memperhatikan aspek SEO dari konten yang Anda tulis. Karena konten Anda akan muncul di website Anda, maka untuk urusan konten ini yang perlu diperhatikan adalah On-Page SEO, yang sangat berkaitan dengan kata kunci (keyword) yang Anda target.

Elemen-elemen on-page SEO di antaranya:

  • Harus ada tag H1, H2 dan H3 yang mengandung kata kunci.
  • Harus ada kata kunci yang di-bold, italic, dan underline.
  • Harus ada gambar dengan atribut ALT yang mengandung kata kunci.
  • Harus ada kata kunci di kalimat pertama dan terakhir.
  • dan lain-lain

Anda lihat kan, semuanya berhubungan dengan kata kunci. Nah, kalau Anda menggunakan WordPress, ada plugin yang membuat hidup menjadi lebih mudah untuk urusan meng-SEO-kan artikel Anda ini. Namanya SEOPressor. Plugin ini akan memberitahukan kepada Anda elemen apa yang masih kurang atau belum ada di dalam artikel Anda. Tapi saya tidak terlalu merekomendasikan Anda menggunakan plugin ini. Kenapa? Karena harganya mahal, kalau tidak salah hampir $100. Saya tidak sertakan link-nya di sini, kalau Anda ingin tahu silakan tanya sendiri ke Om Gugel ya :thumb1:

Ada plugin serupa yang lebih murah? Ada! Namanya Clickbump SEO!, sang pesaing dengan fitur yang katanya lebih baik dan harga lebih murah, kalau tidak salah sekitar $47. Masih mahal? Yup.. mahal ya! Ada bajakannya gak ya? Ada, banyak! Tapi jangan lah ya.. :shame:

Kalau begitu, ada gak yang lebih murah lagi? Jawabannya, ada! Gratis pula! :thumb5: Namanya Bloggerhigh SEO.

BloggerHigh SEO Plugin

BloggerHigh SEO Plugin


Plugin ini bisa melakukan apa yang SEOPressor lakukan, dan gratis untuk Anda. Untuk melihat fitur dan cara pemakaiannya, silakan klik di sini. Untuk men-download-nya, Anda harus daftar dulu di website bloggerhigh.com, mengkonfirmasi alamat email Anda, lalu login.

Cara pemakaiannya sangat mudah, sama seperti menginstall plugin seperti biasa, Anda tinggal upload plugin ini ke folder plugin WordPress Anda, lalu mengaktifkannya dan BloggerHigh SEO akan langsung muncul di sebelah kanan area admin Anda ketika mengedit / menulis post baru.

Selamat mencoba!

Category: Online Money | Tags: