membuat toko online dengan multiplyBeberapa hari lalu, waktu ke toko buku Togamas untuk beli satu buku yang sudah jadi incaran, dan sudah berjanji pada diri sendiri gak akan bookwalking, tiba-tiba mata saya “menangkap” sebuah buku berjudul Membuat Toko Online dengan Multiply, Cara Mudah Menjaring Uang Lewat Blog Gratisan.

Pengarangnya seorang wanita muda yang baru berusia 25 tahun bernama Ollie, tapi sudah sukses menjalani bisnis online. Sudah beberapa lama saya menjadi pembaca blog pribadinya. Ollie ini mempunyai beberapa bisnis online, seperti toko buku online kutukutubuku, butik online, jasa pembuatan website dan lainnya (bisa anda lihat di blognya).

Saya sudah tahu ada buku ini dari blognya, dan sudah rencana mau beli via toko buku onlinenya, tapi lantaran di Togamas harganya sama dan gak perlu pake ongkos kirim, jadi saya beli aja di sini.. lumayan hemat ongkos kirim kan? Janjinya gak ditepati deh :grin3: Duh, padahal buku ProBlogger aja belum beres dibaca :oops:

Isi bukunya sederhana namun cukup informatif, terutama buat yang belum pernah jualan barang sendiri di internet, dan yang belum meng-explore Multiply seperti saya. Buku ini menjelaskan langkah demi langkah membuka toko online kita sendiri di Multiply.

Tapi yang paling menarik buat saya, Ollie sama sekali tidak mengajarkan pembaca untuk mendapatkan uang dari blog via AdSense, AdBrite, Bidvertiser, paid review atau apa pun program-program yang banyak bertebaran di internet. Kalau lihat di toko buku, sekarang ini banyak buku yang gak bermutu yang mengajarkan cari duit lewat blog dengan AdSense. Ollie mengajarkan kita untuk menjual barang alias dagang, buka toko sendiri di internet! Saya jadi teringat mas Keke yang juga selalu mengajarkan kita untuk menjual produk kita sendiri.

Selama ini kebanyakan kita yang cari duit dari nge-blog bermimpi dan banyak yang sudah mendapatkan banyak uang dari AdSense, paid review dan sebagainya. Ini berarti kita masih tergantung pada pihak ke-3, kita masih tergantung pada Google, Sponsored Review dan lainnya. Kalau Google secara sepihak tiba-tiba nge-ban account adsense kita, kalau paid review sudah tidak menjanjikan lagi.. habislah kita!

Beda halnya kalau kita punya usaha online sendiri, menawarkan barang atau jasa kita sendiri, kita memiliki bisnis sendiri! Walaupun tantangannya juga lebih berat (harus menyediakan dan mengirim produk dsb, seperti jualan di eBay), kita tidak diatur orang lain, kita mengatur diri kita sendiri, bisnis kita sendiri. Sudah banyak orang Indonesia yang sukses menjual produk mereka via internet, salah satu contohnya ya Ollie ini.

So, menurut saya, kenapa tidak kita jalani keduanya saja? Walaupun saya pribadi tetap lebih memilih punya toko online sendiri menjadi prioritas utama, tapi kalau juga bisa jalanin AdSense, KlikSaya, paid review dan lain sebagainya itu, kenapa tidak? Yang penting toko online kita jangan sampai terbengkalai. Setuju?

Category: Online Money | Tags: